Workshop Pengembangan Pembelajaran Mikro Reflektif oleh Dr. Hari Wibawanto

Oleh: Bahriadi . 2 September 2023 . 12:56:44

Gorontalo - Workshop Pengembangan Pembelajaran Mikro Reflektif Kelas Nyata, Virtual dan Hybrid yang diselengarakan oleh Program Studi Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Gorontalo (PPG UNG) menghadirkan Bapak Dr. Hari Wibawanto sebagai narasumber. Narasumber merupakan anggota Tim Pengembang Pembelajaran Daring Kolaboratif, Belmawa, Diktiristek. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari dari 29-30 Agustus 2023 tersebut dilaksanakan di Ballroom Hotel Citimall Gorontalo.

Kegiatan yang dihadiri oleh Direktur PPG UNG dan Tim Pelaksana Program Revitalisasi LPTK Tahun 2023 tersebut menggaet Dosen dan Guru Pamong sebagai peserta yang juga ditunjuk sebagai tim penyusun panduan pengembangan pembelajaran. Workshop tersebut bertujuan untuk memberikan khasanah pengetahuan civitas akademika UNG beserta mitra peguruan tinggi dalam mengembangkan pelaksanaan pembelajaran micro teaching yang dilaksanakan dimasing-masing unit. Akhirnya output yang diharapkan peserta dapat menghasilkan panduan pengembangan pembelajaran mikro reflektif yang dapat digunakan oleh masing-masing unit serta secara luas oleh lingkungan pendidikan.

Dalam pemaparannya Dr. Hari Wibawanto menyorot beberapa hal dalam pelaksanaan micro teaching yang pada pelaksanaannya melupakan bebarapa hal yang fundamental dalam praktiknya. Sehingganya diharapkan kegiatan workshop ini bisa memberikan langkah-langkah pelaksanaan yang efektif dalam pelaksanaan pembelajaran mikro reflektif tersebut. Narasumber juga yang merupakan Koordinator Tim Revitalisasi LPTK 2022 dan 2023, Direktorat Kelembagaan, DitjenDiktiristek mengungkapkan bahwa kegiatan ini salah satu prioritas dalam pendanaan batch 2 program revitalisasi LTPK tahun 2023 ini. Beliau juga berharap bahwa output dari kegiatan ini menjadi sumber panduan untuk digunakan oleh LPTK lain dalam pelaksanaan pembelajaran nanti.

Agenda

15 November 2023

Orientasi Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori 1 Angkatan 3 Tahun 2023

Dilaksanakan secara daring yang diikuti oleh seluruh Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori 1 Angkatan 3 Tahun 2023

15 - 16 September 2023

Lokakarya Penguatan Penyelenggaraan Pembelajaran Mikro Reflektif

Akan dilaksanakan di Hotel UTC Damhil UNG selama dua hari pada, Jumat & Sabtu, 15-16 September 2023

4 - 8 September 2023

Lapor Diri Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang I Tahun 2023

Akan dilaksanakan dari tanggal 4-8 September 2023 oleh sebanyak 74 calon mahasiswa dari bidang studi Bimbingan Konseling dan IPA

1 - 2 September 2023

Pelaksanaan Seminar Invensi/Inovasi Pembelajaran Mahasiswa PPg Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2022

Diikuti oleh seluruh mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2022 yang telah menyelesaikan seluruh rangkain pembelajaran