PPG UNG Berhasil Mengukuhkan 984 Peserta PPG Dalam Jabatan Tahun 2021

Oleh: Bahriadi . 7 Januari 2022 . 14:00:00

Gorontalo – Seluruh rangkaian kegiatan Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan tahun 2021 di PS-PPG UNG telah sampai pada tahap akhir. Sebanyak 984 peserta berhasil dikukuhkan sebagai guru profesional oleh Rektor UNG pada Kamis, 6 Januari 2022 di Graha Sumber Ria

Acara pengukuhan ini dihadiri oleh Rektor, para Wakil Rektor, para Guru Besar, Kepala Biro, Direktur Pascasarjana, Kepala Lembaga LP2M, Kepala LP3M, para Dekan serta beberapa civitas akademika di lingkungan Universitas Negeri Gorontalo. Turut serta hadir Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Provinsi Gorontalo dan perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten/Kota.

Acara ini digelar secara blended dimana para peserta dibagi secara luring dan daring, sebanyak 53 peserta yang hadir secara luring adalah mereka yang berdomisili di wilayah Provinsi Gorontalo dan peserta diluar wilayah Provinsi Gorontalo yang hadir secara daring berjumlah sebanyak 931 peserta.

Direktur PPG, Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd dalam sambutannya mengucapkan selamat dan sukses kepada Guru Profesional yang akan dikukuhkan oleh Rektor Universitas Negeri Gorontalo. Peserta yang dikukuhkan ini adalah angkatan 1 dan 4 Daljab Tahun 2021 dan Retaker yang tersebar pada 6 bidang studi yakni Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, Matematika, Dan Kimia.

“Guru harus memiliki kualifikasi akademik, kompetensi dan sertifikat. Semua memiliki kompetensi dan kemampuan maka dari itu perlu dibuktikan legalitasnya secara akademik. Masih ada 732 guru di Gorontalo yang belum memiliki legalitas untuk menerima tunjangan profesi salah satunya karena belum mengikuti program seperti ini. Semoga kedepannya kami bisa bersinergi bersama untuk selalu dapat mencerdaskan kehidupan bangsa dan khususnya generasi muda di Provinsi Gorontalo” Ucap Dr. Wahyudin A. Katili, S.STP., M.T, Kepala Dikbudpora Provinsi Gorontalo dalam sambutannya.

Sementara itu Rektor Universitas Negeri Gorontalo, Dr. Ir. Eduart Wolok, S.T., M.T mengucapkan selamat kepada para Guru yang telah dikukuhkan. Tentu keberhasilan ini tak lepas dari perjuangan yang tidak mudah bagi para peserta PPG Dalam Jabatan.

“Saya berharap kita para tenaga pendidik fungsinya bukan lagi pada pengajar, namun juga harus memposisikan diri sebagai fasilitator, bagaimana kita bisa memediasi anak didik untuk mengembangkan potensi diri karena mereka sudah berinteraksi dari berbagai sumber” tambahnya.

 

Agenda

1 - 3 Desember 2022

Visitasi Pelaksanaan PPG Prajab dan MONEV Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan UNG oleh Dirjen GTK Kemdikbudristek

Pelaksanaan kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 1-3 Desember 2022

27 November 2022

Pelatihan Dosen dan Pembimbing Lapangan Praktek Industri Bidang Studi PPG Vokasi dan Vokasi Kolaborasi

Pelaksanaan di UTC Damhil Meeting room Ketapang, yang akan dihadiri sebanyak 38 orang dari mitra DUDIKA dan Dosen Universitas Negeri Gorontalo

25 - 26 November 2022

Workhsop Penyusunan Kurikulum dan Panduan Praktek Industri Bidang Studi PPG Vokasi dan Vokasi Kolaborasi

Pelaksanaan di UTC Damhil UNG akan dihadiri kurang 26 orang dari Dosen. Mitra DUDIKA

7 - 9 November 2022

BIMTEK PENGEMBANGAN KONTEN MEDIA PEMBELAJARAN PROGRAM REVITALISASI LPTKL PRODI PPG UNG

Dihadiri sebanyak 54 Peserta Dosen dan Guru Pamong