Penetapan Mahasiswa dan Mekanisme Lapor Diri PPG Dalam Jabatan Kategori II Tahun 2022 LPTK UNG

Oleh: Bahriadi . 19 Agustus 2022 . 07:23:51

Gorontalo - Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Negeri Gorontalo diberikan kepercayaan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Pendidikan Profesi Guru untuk melaksanakan PPG Dalam Jabatan Kategori 2 Tahun 2022.

Kurang lebih 280 calon mahasiswa Peserta PPG Dalam Jabatan Kategori II terpanggil untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut. Sebelumnya mereka telah melaksanakan mekanisme kesediaan diri pada simpkb mereka masing-masing. Selanjutnya hari ini mereka akan melanjutkan ke proses lapor diri sebagai syarat administrasi LPTK asal untuk mendaftarkan data para calon mahasiswa tersebut ke PDDIKTI.

Pelaksanaan lapor diri berdasarkan surat Kemdikbudristek nomor 1884/B2/GT.00.05/2022 tanggal 18 Agustus 2022 mengenai Penetapan Mahasiswa dan Mekanisme Lapor Diri PPG Dalam Jabatan Kategori II Tahun 2022. Isinya mengenai tindak lanjut surat nomor 1799/B2/GT.00.00/2022 tanggal 6 Agustus 2022 tentang Konfirmasi Kesediaan Calon Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Kategori IITahun 2022, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Direktorat Pendidikan ProfesiGuru telah menetapkan mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori II Tahun 2022. Sehubungan dengan hal tersebut, dengan hormat  disampaikan beberapa hal sebagai berikut.

1. Daftar nama penetapan mahasiswa selengkapnya dapat diunduh melalui SIMPKB dinaspendidikan.

2. Informasi pemanggilan tersebut disampaikan melalui akun SIMPKB masing-masing mahasiswa.

3. Perguruan tinggi penyelenggara PPG Dalam Jabatan akan menyampaikan surat pemanggilan,mekanisme lapor diri dan jadwal lengkap pembelajaran kepada mahasiswa yang dimaksud padapoin 1. Daftar alamat laman penguruan tinggi penyelenggara dapat dilihat dihttps://ppg.kemdikbud.go.id/page/info-lptk.

4. Mahasiswa melaksanakan lapor diri di perguruan tinggi penyelenggara PPG yang telah ditetapkansebagaimana jadwal terlampir. Dokumen lapor diri dikumpulkan melalui aplikasi masing-masingperguruan tinggi secara daring.

5. Mahasiswa akan melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama bantuan pemerintah (PKSBanpem) PPG Dalam Jabatan Kategori II Tahun 2022 yang dilaksanakan pada tanggal 12 s.d. 30September 2022. Panduan tata cara penandatanganan PKS tersebut akan disampaikan melaluiakun SIMPKB masing-masing.

6. Seluruh pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Kategori II Tahun 2022 dilaksanakan secara daring.

Perlu diketahui dari 280 calon mahasiswa PPG Daljab kategori II LPTK UNG berasal dari 10 Provinsi, yakni Gorontalo, Jawa barat, Jawa Tengah, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara. Pada kategori II ini akan ada sebanyak empat bidang studi yang akan diprogramkan yakni Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), dan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK).

Selanjutnya untuk koordinasi mekanisme lapor diri silahkan mahasiswa agar dapat masuk ke whatsapp grup utama peserta PPG Daljab Kategori II melalui tautan berikut : Mahasiswa Kategori II LPTK UNG 

Surat Penetapan Kementerian : Klik disini

Surat Pemanggilan LPTK UNG : Klik disini

Formulir Lapor Diri : Klik disini 

 

Agenda

1 - 3 Desember 2022

Visitasi Pelaksanaan PPG Prajab dan MONEV Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan UNG oleh Dirjen GTK Kemdikbudristek

Pelaksanaan kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 1-3 Desember 2022

27 November 2022

Pelatihan Dosen dan Pembimbing Lapangan Praktek Industri Bidang Studi PPG Vokasi dan Vokasi Kolaborasi

Pelaksanaan di UTC Damhil Meeting room Ketapang, yang akan dihadiri sebanyak 38 orang dari mitra DUDIKA dan Dosen Universitas Negeri Gorontalo

25 - 26 November 2022

Workhsop Penyusunan Kurikulum dan Panduan Praktek Industri Bidang Studi PPG Vokasi dan Vokasi Kolaborasi

Pelaksanaan di UTC Damhil UNG akan dihadiri kurang 26 orang dari Dosen. Mitra DUDIKA

7 - 9 November 2022

BIMTEK PENGEMBANGAN KONTEN MEDIA PEMBELAJARAN PROGRAM REVITALISASI LPTKL PRODI PPG UNG

Dihadiri sebanyak 54 Peserta Dosen dan Guru Pamong