Pelaksanaan Orientasi Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2023 PPG UNG

Oleh: Bahriadi . 12 September 2023 . 22:25:36

Gorontalo – Program Studi Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Gorontalo (PPG UNG) dalam rangka menyambut mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2023, telah menyelenggarakan Orientasi Akademik bagi Mahasiswa pada hari Selasa, 12 September 2023. Kegiatan dilaksanakan di Aula Ruang Rapat Kantor PPG UNG yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2023 sebanyak 73 orang yang berasal dari 2 (dua) Bidang Studi yakni Bimbingan Konseling dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Kegiatan ini juga diikuti oleh Koordinator masing-masing Bidang Studi, Admin, Pengelola PPG UNG, dan Panitia Pelaksana PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2023.

Kegiatan diawali dengan laporan Ketua Pelaksana oleh Nancy Katili, S.Pd., M.Pd selaku Kepala Divisi Akademik PPG UNG, dilanjutkan dengan sambutan Direktur PPG UNG Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan selamat datang kepada Mahasiswa Baru PPG UNG dan mengatakan bahwa mereka harus bangga menjadi Mahasiswa PPG UNG, karena UNG merupakan Univeritas yang terakreditasi Unggul. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Rektor UNG yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Harto Malik, M. Hum yang berkenan menghadiri kegiatan Orientasi Mahasiswa, terima kasih juga kepada Panitia yang telah menyiapkan kegiatan. Nurhayati meminta kepada seluruh Mahasiswa agar mengikuti seluruh kegiatan.

Selanjutnya sambutan sekaligus membuka acara secara resmi oleh Rektor UNG yang diwakili oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Harto S. Malik, M.Hum. Dalam sambutannya sekaligus memberikan materi tentang Profil Universitas Negeri Gorontalo, Wakil Rektor I menyampaikan atas kebanggaan kampus ini menerima seluruh mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang I dan berharap mahasiswa dengan baik mengikuti segala proses kehidupan kampus hingga akhir nanti dikukuhkan menjadi guru professional. Selain itu juga beliau berharap agar seluruh mahasiswa dapat berkontribusi dan mengukir prestasi untuk mewujudkan visi UNG sebagai kampus Kerakyatan yang Unggul dan Berdaya Saing.

Kegiatan Orientasi Mahasiswa ini diisi dengan penyampaian materi dari beberapa narasumber yaitu Pola PPG Prajabatan Tahun 2023 oleh Direktur PPG UNG Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd; Pembelajaran dan Asesmen PPG Prajabatan Tahun 2023 oleh Dr. Gamar Abdullah, M.Pd dan Pengenalan LMS PPG Prajabatan oleh Icam Sutisna, M.Pd selaku Kepala Divisi IT.

Kegiatan Orientasi Akademik bagi Mahasiswa Baru ini, diharapkan bermanfaat bagi mahasiswa agar mereka lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus, sehingga perkuliahan dapat berjalan dengan baik dan lancar serta dapat lebih optimis untuk meraih prestasi yang baik. Diharapkan juga, mahasiswa dapat melaksanakan dan mengimplementasikan materi serta desain sistem pembelajaran yang telah diberikan selama mengikuti PPG Prajabatan dalam kegiatan perkuliahan.

Agenda

15 November 2023

Orientasi Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori 1 Angkatan 3 Tahun 2023

Dilaksanakan secara daring yang diikuti oleh seluruh Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori 1 Angkatan 3 Tahun 2023

15 - 16 September 2023

Lokakarya Penguatan Penyelenggaraan Pembelajaran Mikro Reflektif

Akan dilaksanakan di Hotel UTC Damhil UNG selama dua hari pada, Jumat & Sabtu, 15-16 September 2023

4 - 8 September 2023

Lapor Diri Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang I Tahun 2023

Akan dilaksanakan dari tanggal 4-8 September 2023 oleh sebanyak 74 calon mahasiswa dari bidang studi Bimbingan Konseling dan IPA

1 - 2 September 2023

Pelaksanaan Seminar Invensi/Inovasi Pembelajaran Mahasiswa PPg Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2022

Diikuti oleh seluruh mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2022 yang telah menyelesaikan seluruh rangkain pembelajaran