Mahasiswa PPG Prajabatan UNG Gelar Pameran Inovasi Proyek Kepempimpinan

Oleh: Bahriadi . 22 Juni 2023 . 17:53:58

Gorontalo - Program Studi Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Gorontalo (PPG UNG) melalui mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang I Tahun 2022 menyelenggarakan pameran karya inovatif mata kuliah Projek Kepemimpinan. Pameran yang dilaksanakan Kamis (22/6/2023) di Ruang Kuliah PPG Kampus 2 UNG ini diselenggarakan oleh 41 mahasiswa yang terbagi menjadi 3 kelompok yakni satu kelompok rumpun bahasa dan dua kelompok dari rumpun MIPA. Seluruh karya mahasiswa yang dipamerkan merupakan hasil dari pengembangan dari mata kuliah projek kepemimpinan, salah satu mata kuliah wajib dalam kurikulum perkuliahan PPG Prajabatan tahun 2022.

Kegiatan pameran inovasi ini merupakan wujud dari kolaborasi positif PPG UNG dengan mitra yang dalam hal ini dilakukan antara Mahasiswa, Dospem MK Projek Kepemimpinan, Sekolah, dan Instruktur yang merupakan para guru penggerak. Fokus utama projek kepemimpinan ini adalah mendorong semangat pengembangan inovasi dan menginisiasi implementasi sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran yang berkelanjutan di satuan pendidikan atau di komunitas masyarakat secara gotong-royong.

Pameran ini menampilkan berbagai jenis karya inovatif dan edukatif mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang I dari semua kelompok bidang studi. Diantaranya kelompok dari rumpun Bahasa yang terdiri dari mahasiswa bidang studi bahasa indonesia dan bahasa inggris memamerkan karya mereka dengan melakukan workshop pemanfaatan aplikasi canva sebagai media pembelajaran untuk guru RA, MI, MTs, MAS Al-Khairat Limboto Barat. Selanjutnya Kelompok rumpun MIPA yang berasal dari bidang studi fisika, kimia, biologi serta matematika, kelompok 1 memamerkan karya mereka mengenai pelatihan hidroponik sebagai upaya penanaman sikap peduli lingkungan dan peningkatan ekonomi kreatif. Lalu kelompok 2 menampilkan karya mereka mengenai sosialisasi pencegahan stunting dan penanaman sayuran di Kelurahan Liluwo.

Agenda

15 November 2023

Orientasi Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori 1 Angkatan 3 Tahun 2023

Dilaksanakan secara daring yang diikuti oleh seluruh Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori 1 Angkatan 3 Tahun 2023

15 - 16 September 2023

Lokakarya Penguatan Penyelenggaraan Pembelajaran Mikro Reflektif

Akan dilaksanakan di Hotel UTC Damhil UNG selama dua hari pada, Jumat & Sabtu, 15-16 September 2023

4 - 8 September 2023

Lapor Diri Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang I Tahun 2023

Akan dilaksanakan dari tanggal 4-8 September 2023 oleh sebanyak 74 calon mahasiswa dari bidang studi Bimbingan Konseling dan IPA

1 - 2 September 2023

Pelaksanaan Seminar Invensi/Inovasi Pembelajaran Mahasiswa PPg Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2022

Diikuti oleh seluruh mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2022 yang telah menyelesaikan seluruh rangkain pembelajaran