UNG Terpilih Menjadi Salah Satu LPTK Penyelenggara UP PPG Berbasis Domisili Tahap I

Oleh: Bahriadi . 6 September 2021 . 14:42:55

Gorontalo – Universitas Negeri Gorontalo (UNG) berhasil terpilih menjadi salah satu LPTK Penyelenggara dalam melaksanakan Ujian Pengetahuan (UP) PPG Daljab Tahap I. Ujian Pengetahuan (UP) kali ini berbasis domisili yang dilaksanakan secara serentak pada tanggal 4 dan 5 September 2021.

Dr. Fiska Rera Baharudin, M.Pd sebagai Penyelia UP PPG yang bertugas di Universitas Negeri Gorontalo menilai bahwa pelaksanaan UP di kampus ini sudah sangat baik. “Pelaksanaan di UNG sudah sesuai dengan SOP Penyelenggaraan UP” ucapnya, Minggu (5/9). 

Demikian hal yang disaksikan secara langsung, dari ruang pengawas ujian yang memiliki jarak, jumlah komputer yang sangat memadai, koneksi internet yang baik. Terdapat dua unit komputer pada masing-masing pengawas, petugas IT yang sangat sigap dan tentu saja penanggung jawab pengawas serta pengawas yang sangat sabar dalam memandu peserta ujian.

Sebanyak 397 peserta yang mengikuti ujian, terdiri dari 3 bidang studi yaitu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPS dan Bahasa Indonesia. Peserta ujian kali ini bukan berasal dari Universitas Negeri Gorontalo, akan tetapi berasal dari berbagai Perguruan Tinggi pelaksana lain di Indonesia.

Lebih lanjut menurut Penyelia dalam setiap sesi tentu memiliki masalah. Masalah yang pada umunya sering terjadi yaitu gangguan pada server pusat, sehingga mengakibatkan opsi jawaban dari peserta tidak muncul pada aplikasi ujian, waktu ujian yang sering bertambah ketika peserta melanjutkan soal yang akhirnya membuat peserta menjadi panik.

Sementara itu Direktur PPG, Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd menjelaskan bahwa sebelum melakukan ujian, telah dilaksanakan rapat pembekalan untuk panitia dan pengawas bersama penyelia yang membahas tentang bagaimana sistematika pelaksanaan UP-UKMPPG Daring Berbasis Domisili Tahap I. (Ditha)

Agenda

11 - 12 Juni 2021

Rapat Koordinasi Pelaksaan PPG Dalam Jabatan UNG Angkatan 1 Tahun 2021

Dilaksanakan 11- 12 Juni 2021 dengan agenda pembahasan evaluasi pelaksaan PPG Dalam Jabatan Universitas Negeri Gorontalo 2021

5 - 6 Mei 2021

Rapat Koordinasi Persiapan Penerimaan Mahasiswa PPG Dalam Jabatan 2021 Angkatan 2

Akan diikuti oleh Tim Pelaksana, Guru Pamong, Koordinator Prodi serta admin LMS dengan mengikuti protokol kesehatan.

24 April 2021

Rapat Koordinasi Penerimaan Mahasiswa PPG Daljab 2021

(8-9 April 2021) Rapat Koordinasi Penerimaan Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Tahun 2021 Universitas Negeri Gotontalo akan diikuti oleh Dosen, Guru Pamong dan Admin IT yang akan di ikut serta dalam berlangsungnya kegiatan PPG tahun ini

2 Maret 2021

Pelaksanaan Yudisium dan Pengambilan Sumpah Profesi Guru Dalam Jabatan Periode kelulusan Maret 2020 dan Desember 2020

Akan dilaksanakan Daring dan Luring yang akan diikuti 143 Mahasiswa Fistaker dan Retaker serta 60 orang dari Civitas Akademika Universitas Negeri Gorontalo melalui room meeting Zoom.