UNG Terpilih Menjadi Salah Satu LPTK Penyelenggara UP PPG Berbasis Domisili Tahap I

Oleh: Bahriadi . 6 September 2021 . 14:42:55

Gorontalo – Universitas Negeri Gorontalo (UNG) berhasil terpilih menjadi salah satu LPTK Penyelenggara dalam melaksanakan Ujian Pengetahuan (UP) PPG Daljab Tahap I. Ujian Pengetahuan (UP) kali ini berbasis domisili yang dilaksanakan secara serentak pada tanggal 4 dan 5 September 2021.

Dr. Fiska Rera Baharudin, M.Pd sebagai Penyelia UP PPG yang bertugas di Universitas Negeri Gorontalo menilai bahwa pelaksanaan UP di kampus ini sudah sangat baik. “Pelaksanaan di UNG sudah sesuai dengan SOP Penyelenggaraan UP” ucapnya, Minggu (5/9). 

Demikian hal yang disaksikan secara langsung, dari ruang pengawas ujian yang memiliki jarak, jumlah komputer yang sangat memadai, koneksi internet yang baik. Terdapat dua unit komputer pada masing-masing pengawas, petugas IT yang sangat sigap dan tentu saja penanggung jawab pengawas serta pengawas yang sangat sabar dalam memandu peserta ujian.

Sebanyak 397 peserta yang mengikuti ujian, terdiri dari 3 bidang studi yaitu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPS dan Bahasa Indonesia. Peserta ujian kali ini bukan berasal dari Universitas Negeri Gorontalo, akan tetapi berasal dari berbagai Perguruan Tinggi pelaksana lain di Indonesia.

Lebih lanjut menurut Penyelia dalam setiap sesi tentu memiliki masalah. Masalah yang pada umunya sering terjadi yaitu gangguan pada server pusat, sehingga mengakibatkan opsi jawaban dari peserta tidak muncul pada aplikasi ujian, waktu ujian yang sering bertambah ketika peserta melanjutkan soal yang akhirnya membuat peserta menjadi panik.

Sementara itu Direktur PPG, Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd menjelaskan bahwa sebelum melakukan ujian, telah dilaksanakan rapat pembekalan untuk panitia dan pengawas bersama penyelia yang membahas tentang bagaimana sistematika pelaksanaan UP-UKMPPG Daring Berbasis Domisili Tahap I. (Ditha)

Agenda

15 November 2023

Orientasi Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori 1 Angkatan 3 Tahun 2023

Dilaksanakan secara daring yang diikuti oleh seluruh Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori 1 Angkatan 3 Tahun 2023

15 - 16 September 2023

Lokakarya Penguatan Penyelenggaraan Pembelajaran Mikro Reflektif

Akan dilaksanakan di Hotel UTC Damhil UNG selama dua hari pada, Jumat & Sabtu, 15-16 September 2023

4 - 8 September 2023

Lapor Diri Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang I Tahun 2023

Akan dilaksanakan dari tanggal 4-8 September 2023 oleh sebanyak 74 calon mahasiswa dari bidang studi Bimbingan Konseling dan IPA

1 - 2 September 2023

Pelaksanaan Seminar Invensi/Inovasi Pembelajaran Mahasiswa PPg Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2022

Diikuti oleh seluruh mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2022 yang telah menyelesaikan seluruh rangkain pembelajaran